Minggu, 09 Agustus 2020

6 Tips Mencuci Masker Agar Masker Tahan Lama

 Protokol new normal yang sudah ditetapkan pemerintah harus ditaati oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Setiap berkegiatan di luar rumah, Anda wajib mengenakan masker. Lagi pula kini banyak orang yang jual masker kain di pinggir jalan untuk mempermudah Anda jika lupa membawa masker atau ingin membeli masker tambahan sebagai cadangan. Supaya masker tetap tahan lama, Anda harus merawatnya dengan benar termasuk saat mencuci masker tersebut.


Masker umumnya terbuat dari kain katun dan wolfis. Fungsi utama masker digunakan untuk melindungi bagian mulut dan hidung dari debu, bakteri dan virus yang ada di udara. Oleh sebab itu menggunakan masker sangat penting selama pandemi ini.

Tips Mencuci Masker

Supaya Anda tidak sering membeli masker karena masker cepat rusak, pastikan Anda mengetahui bagaimana cara perawatannya. Simak ulasan terkait mencuci masker berikut ini.

  1. Melepas Ikatan

Apabila Anda memilih masker kain yang berupa tali sebagai pengikatnya, lebih baik lepaskan dahulu ikatan tali sebelum dicuci. Apabila Anda membiarkannya tidak terlepas bagian yang tertutup ikatan tidak akan bersih dengan optimal. Jangan membuat ikatan tali yang permanent atau tidak bisa dilepas. Gunakan teknik ikatan tali pita atau simpul mati saat Anda membuat ikatan.

 

  1. Mencuci Terpisah

Sama seperti halnya pakaian yang mudah luntur. Mencuci masker lebih baik dipisahkan dengan pakaian lain yang hendak dicuci. Masker melakukan filtrasi terhadap partikel udara termasuk debu. Sehingga kotoran yang ada pada masker sangat banyak. Untuk menghindari berpindahnya bakteri atau virus yang ada pada masker dan juga debu yang akan mengotori pakaian lain, cuci pada bak terpisah dan gunakan air bersih.

 

  1. Merendam masker

Lebih baik Anda merendam masker terlebih dahulu dalam waktu 10-15 menit. Merendam masker yang telah Anda beli dari toko yang jual masker kain dapat menggugurkan debu dan kotoran secara optimal. Hal tersebut akan memudahkan Anda membersihkan masker. Usai merendam, segera buang air bekas rendaman masker. Hindari menggunakannya untuk merendam pakaian lain.

 

  1. Hindari menyikat masker

Bahan kain katun dan wolfis akan cepat rusak jika disikat. Oleh sebab itu hindari mencuci masker dengan cara disikat. Selesai direndam, Anda bisa langsung mengucek masker dengan perlahan. Kucek sampai bersih dan beri sedikit penekanan. Ulangi mengucek sebanyak 5-7 kali hingga masker benar-benar bersih.

 

  1. Pilih Detergen Cair

Di pasaran tersedia berbagai pilihan detergen. Ada yang berupa bubuk dan ada pula yang cair. Gunakan produk detergen cair untuk mempermudah Anda dalam merendam serta mengucek masker. Dengan demikian tidak akan ada sisa residu bubuk sabun yang menempel pada masker.

 

  1. Hindari menggunakan pewangi

Masker digunakan untuk menutupi bagian hidung dan mulut. Oleh sebab itu, bau masker akan dirasakan oleh hidung. Lebih baik hindari penggunaan pewangi pakaian terhadap masker. Bau wangi berlebih dari bahan kimia bisa menjadi sumber penyakit apabila dihirup terus menerus. Sabun cuci saja sudah cukup membersihkan dan memberi wangi yang netral pada masker.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan ketika mencuci masker. Apabila masker Anda masker fullprint, usahakan jangan memasukkannya ke dalam mesin cuci sebab akan menyebabkan hasil print lepas dan mudah rusak. Akan tetapi, jika masker Anda terjamin kualitasnya, Anda boleh memanfaatkan mesin cuci untuk mencucinya. Ketika masker Anda sudah layak dieliminasi segera ganti dan beli dari toko yang jual masker kain baik online maupun offline.

0 komentar:

Posting Komentar