Sabtu, 05 Desember 2020

Setelah Membeli Mobil Bekas, Jangan Lupa Ganti Ini!

Setelah mengurus semua dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan kredit mobil bekas murah dp ringan dan mobil sudah berada ditangan bukan berarti Anda bisa santai begitu saja. Anda harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada mobil sekaligus mengganti komponen-komponen yang terdapat pada mobil. Dengan melakukan penggantian ini, tentu bisa membantu meningkatkan performa mobil sekaligus menghindari mobil bermasalah  ketika dikendarai.


Berikut merupakan beberapa komponen pada mobil bekas yang wajib untuk dilakukan penggantian.

1.       Aki

Aki merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk kimia. Energi listrik ini nantinya digunakan untuk menyuplai sekaligus menyediakan listrik untuk sistem pengapian, starter, lampu mobil, dan komponen kelistrikan lainnya.

Setelah membeli mobil bekas, maka komponen aki ini wajib diganti agar performa mobil bekas tersebut tetap terjaga dan memberikan kenyamanan ketika berkendara. Cara melakukan penggantiannya pun mudah, Anda tinggal membeli aki baru lalu ganti aki lama dengan yang baru tersebut. Jika Anda tidak bisa melakukannya seorang diri maka bisa langsung dibawa ke bengkel terdekat.

2.       Oli

Sama halnya dengan aki, oli menjadi bagian terpenting yang tidak bisa dipisahkan dari mobil karena berfungsi untuk mengurangi daya gesek yang terjadi pada komponen mesin mobil saat bekerja. Dengan begitu usia komponen mesin dapat lebih panjang. Selain itu, oli mobil juga berfungsi sebagai media pendingin mesin mobil supaya suhunya tetap stabil.

Lantaran memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil, maka setelah membeli mobil bekas jangan lupa menggantinya. Sebab, beberapa penjual ada yang tidak mengganti oli mobil tersebut dengan yang baru saat akan menjual mobil. Beberapa komponen oli yang wajib diganti seperti oli rem, oli gardan, oli power streering, oli mesin, oli transmisi, dan lain sebagainya.

3.       Filter

Selain oli dan aki, Anda juga wajib mengganti filter pada mobil bekas tersebut. Ada 3 filter pada mobil yang wajib diganti, yaitu filter udara, filter bensin, dan filter oli. Sesuai namanya, filter bermanfaat untuk menyaring debu maupun kotoran agar tidak mengganggu fungsi kerja mesin.

Komponen filter dapat diganti sendiri di rumah Anda. Namun, jika Anda merasa kurang yakin atau tidak mau repot ketika melakukan penggantiannya sendiri, maka ada baiknya membawa mobil ke bengkel. Sebab pemasangan yang tidak sempurna akan mengganggu efektivitas kerjanya.

Tidak hanya melakukan penggantian ketiga komponen yang sudah dituliskan di atas, Anda juga wajib melakukan setting balancing dan spooring pada bagian roda mobil agar putarannya tetap stabil. Selain itu, Anda pun sebaiknya melakukan pemeriksaan secara menyeluruh misalnya pada bagian pendingin udara, busi, dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa komponen pada mobil bekas yang sebaiknya diganti setelah Anda membeli mobil bekas tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar