Senin, 08 Februari 2021

Keuntungan Menggunakan VR untuk Training Karyawan

Saat ini, sejumlah perusahaan di dunia mulai menerapkan training dengan VR sebagai upaya mengoptimalkan kemampuan serta potensi para karyawan baru mereka. Metode training satu ini memang terbukti efisien dan efektif. Bahkan, penggunaannya dapat membantu meningkatkan kekooperatifan para calon karyawan saat belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan.


Keuntungan training menggunakan VR


                Karyawan baru memang sangat perlu untuk mengikuti training sebagai upaya untuk mengasah kemampuannya dalam bekerja sekaligus mengatasi masalah yang mungkin saja muncul ketika bekerja. Dengan hadirnya teknologi Virtual Reality (VR) ini diharapkan proses training karyawan baru tersebut dapat dilakukan secara lebih mudah dan cepat. Selain itu, karyawan juga akan diajak merasakan lingkungan dunia kerja yang sesungguhnya melalui VR.


                Terdapat beberapa keuntungan yang akan diperoleh jika mengadakan training dengan teknologi VR ini, di antaranya:


1.       Meningkatkan konsentrasi peserta training


Penggunaan VR untuk training dapat membantu meningkatkan konsentrasi peserta serta memiminalisir gangguan konsentrasi. Sebab, selama training, para peserta berada dalam simulasi dengan situasi yang real-life sehingga membuat mereka seolah-olah dibawa langsung ke lingkungan kerja.


2.       Informasi seputar pekerjaan yang lebih relevan


Training dengan VR menjadikan informasi seputar pekerjaan akan semakin relevan. Dengan demikian, para karyawan baru dapat secara langsung mempraktikkan kemampuan mereka di hari pertama kerja.


3.       Proses belajar secara visual


Dengan menggunakan VR, maka materi serta informasi yang disampaikan secara visual akan semakin menarik minat peserta. Terlebih, materi tersebut dikemas dalam format 3D sehingga akan terkesan berbeda. Dibandingkan dengan media berbentuk tekstual, tentu metode VR ini diharapkan lebih mudah diserap dan diingat oleh otak.


4.       Lebih terjangkau


Awalnya, teknologi VR ini hanya digunakan oleh instansi atau lembaga berkelas saja. Namun, seiring berjalannya waktu, teknologi tersebut kini hadir dengan berbagai pilihan serta harga yang semakin terjangkau dan dilengkapi spesifikasi yang mumpuni. Hal ini tentu saja semakin menguntungkan untuk perusahaan, terutama ketika melakukan training dengan karyawan baru mereka karena bisa menghemat pengeluaran.


5.       Lebih aman


Untuk meniminalisir kecelakaan kerja ataupun risiko pekerjaan lainnya, maka penggunaan VR untuk training dirasa paling aman. Sebab, para karyawan baru tersebut dilatih di tempat yang aman di mana berada di lingkungan 3D sehingga terasa semakin nyata.


                Dengan hadirnya teknologi Virtual Reality (VR) maka dapat dipastikan akan sangat menguntungkan perusahaan maupun karyawan baru mereka. Sebab, proses training dapat dilakukan secara efektif dan efisien tanpa mengurangi isi dari materi yang akan disampaikan. Bahkan, para karyawan akan diajak seolah-olah berada di lingkungan kerja yang nyata sehingga mereka akan semakin siap menghadapi dunia kerja nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar